11/29/2016T11/29/2016

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Materi Geografi

/* kode iklan */
/* kode iklan */
C. Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Sejarah geologi kepulauan Indonesia memengaruhi keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia. Kepulauan Indonesia secara geologi merupakan pertemuan antara lempeng Asia dan lempeng Australia. Pada zaman glasial, kedua lempengan ini merupakan suatu daratan yang bersatu dengan Asia danAustralia Kepulauan Indonesia yang bersatu denganAsia adalah Kalimantan Sumatra, Jawa, dan daratan ini disebut Dangkalan Sunda Kepulauan Indonesia yang bersatu dengan Australia adalah Papua dan daratan ini disebut Dangkalan Sahul. Sedangkan kepulauan Indonesia yang tidak termasuk lempengAsia dan Australia adalah Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara Pada saat itu hewan dapat bermigrasi dengan bebas dari Asia ke Dangkalan Sunda dan dari Australia ke Dangkalan Sahul. Begitu pula dengan tumbuhan. Tumbuhan dapat bermigrasi melalui angina atau dibawa oleh hewan. Ketika zaman glasial berakhir, permukaan air laut bertambah sehingga banyak daratan rendah yang terendam air dan akhirnya pulau-pulau yang ada di Indonesia terpisahkan oleh air dan kepulauan Indonesia tidak bersatu lagi dengan Asia ataupun dengan Australia. Dengan berakhirnya zaman glasial, banyak flora dan fauna yang dulunya bermigrasi menjadi terisolasi. Hal inilah yang menyebabkan keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia

Selain karena faktor sejarah geologi, keanekaragaman flora dan fauna ditentukan juga oleh faktor perbedaan iklim yang terdiri dari unsur-unsur suhu, curah hujan, angin, dan kelembapan udara Indonesia adalah daerah beriklim tropis, tetapi waktu terjadinya dan intensitas curah hujan di Indonesia berbeda-beda. Semakin ke barat maka intensitas curah hujan semakin besar, maka Indonesia bagian timur akan menerima curah hujan yang lebih kecil dibandingkan Indonesia bagian barat.

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Baca juga:
  1. Faktor-faktor Geografi yang Memengaruhi Perubahan Flora dan Fauna Materi Geografi - Baru!!
  2. Jenis serta Persebaran Flora dan Fauna di Dunia Materi Geografi - Baru!!
Berdasarkan peta penyebaran curah hujan di Indonesia, dapat dilihat perbedaan curah hujan yang ada di Indonesia. Perbedaan curah hujan ini menentukan perbedaan biomayangada di Indonesia. Perhatikan tabel berikut.

Tipe Bioma Indonesia

Terimakasih telah membaca Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Materi Geografi
/* kode iklan */

jangan lupa iklannya diklik ya, to "Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Materi Geografi"

Post a Comment