9/30/2016T9/30/2016

PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA/PRANATA EKONOMI MATERI SOSIOLOGI

/* kode iklan */
/* kode iklan */
Pengetahuanjitu.com - Dalam pranata ekonomi terdapat tiga fungsi nyata. Pertama, tentang bagaimana produksi atau pembuatan suatu barang atau jasa dalam suatu masyarakat. Kedua, yang menyangkut distribusi atau penyaluran barang dan jasa. Ketiga, adalah menyangkut konsumsi atau pemakaian barang dan jasa dalam masyarakat.

1. Fungsi Pranata Ekonomi Mengatur Kegiatan Produksi 

Pranata ekonomi berisi norma-norma khusus, yakni aturan-aturan untuk mengatur kegiatan ekonomi, berfungsi untuk mengatur kegiatan produksi, yaitu kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa. Hal ini berarti kegiatan produksi itu ada aturan-aturannya sebagai berikut

a. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maka barang/jasa yang diproduksi harus halal menurut agama.



b. Harga barang/jasa yang diproduksi harus sesuai dengan daya beli masyarakat

c. Barang/jasa yang diproduksi harus mengikuti selera dan kebutuhan masyarakat umum.

d. Dilarang memburuk-burukkan hasil produksi perusahaan lain, dan sebagainya

Ketentuan-ketentuan tersebut harus dilaksanakan oleh para produsen melalui pelaku-pelakunya (aparat-aparatnya), agar kegiatan berproduksi menjadi lancar dan teratur sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi. Sebaliknya, jika norma-norma tersebut tidak diindahkan maka tentu akan menghambat kelancaran dan ketertiban dalam berproduksi dan berdampak negatif kepada masyarakat, yakni tidak terpenuhinya kebutuhan hidup masyarakat terhadap barang/jasa.

2. Fungsi Pranata Ekonomi Mengatur Kegiatan Distribusi

Baca juga:
  1. Definisi Konflik Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi
  2. Fungsi Konflik Sosial dan Dampak Koflik Sosial Materi Sosiologi
  3. Gejala Modernisasi Masyarakat Indonesia Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Materi Sosiologi
  4. Kelembagaan Sosial Tradisional dan Modern dan Penyesuaian Kelembagaan Materi Sosiologi
  5. MACAM-MACAM LEMBAGA SOSIAL MATERI SOSIOLOGI
  6. Macam-macam Norma dan Norma Dibentuk Agar Terjadi Hubungan Manusia/Masyarakat/Lembaga Sosial Dapat Berjalan Baik - New!
  7. Materi Sosiologi Karakteristik Konflik Sosial
  8. Materi Sosiologi Penyebab Konflik
  9. Modernisasi Masyarakat Indonesia Sebagai Proses Industrialisasi dan Urbanisasi Materi Sosiologi
  10. Negara Berkembang Materi Sosiologi
  11. Pembagian Warisan Dalam Keluarga, Perubahan Organisasi keluarga, dan Jaringan Interaksi Antarpribadi Dalam Keluarga - New!
Dalam kegiatan distribusi (penyaluran) barang/jasa hasil produksi, sebagai bagian dari kegiatan ekonomi, juga ada norma-norma khusus untuk mengaturnya sebagai berikut.

a. Lembaga yang berwenang untuk penyaluran barang/jasa adalah agen, pasar, toko, dan pedagang eceran. Jika, produsen menjual langsung ke konsumen dengan mengabaikan lembaga distribusi tentu akan dapat menimbulkan kekacauan

b. Mengatur etika dalam berjual beli, baik secara langsung maupun tidak langsung. Aturan-aturan khusus pendistribusian barang jasa tersebut tentunya harus dilaksanakan oleh aparat aparatnya, agar jalannya proses kegiatan pendistribusian berjalan lancar dan tertib. Sebaliknya, jika aturan-aturan itu dilanggar tentu akan menghambat dan menimbulkan kekacauan dalam kegiatan distribusi tersebut

3. Fungsi Pranata Ekonomi Mengatur Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi sebagai bagian dari kegiatan ekonomi, yakni kegiatan pembelian, pemakaian, atau penggunaan barang/jasa juga ada aturan aturannya yang mengatur kegiatan konsumsi tersebut sebagai berikut.

a. Membeli barang/jasa harus sesuai dengan kemampuan daya beli, sesuai kebutuhan, berdasarkan prioritas keperluan

b. Barang/jasa yang dibeli dan dikonsumsi menurut norma agama harus yang halal, bersih, dan sehat.

c. Pemborosan dan konsumerisme bertentangan dengan sifat masyarakat Indonesia, karenanya harus dihindari

d. Pengaturan dalam anggaran belanja rumah tangga dan sebagainya. Aturan-aturan tersebut harus dilaksanakan oleh para konsumen, dan kegiatan mengkonsumsi barang/jasa dapat berjalan lancar dan tertib, sesuai dengan kemampuan daya beli.

Dengan demikian, pranata ekonomi sebagai bagian dari pranata sosial juga berfungsi untuk mengatur kegiatan konsumsi masyarakat umum dalam kehidupannya. Fungsi pranata ekonomi adalah mengubah pola penggunaan waktu anggota masyarakat. Ketika pola produksi masyarakat berubah dari pertanian ke industri, terjadi perubahan penggunaan waktu kerja. Sistem pertanian tidak menuntut penggunaan waktu yang ketat; berbeda dengan sistem industri modern yang menuntut adanya penggunaan waktu yang ketat Fungsi tersembunyi pranata ekonomi adalah mengubah dan kadang- kadang merusak lingkungan hidup.

Hal ini terjadi karena adanya perubahan pola produksi dalam masyarakat dari sistem pertanian menjadi industri, perubahan penggunaan tanah yang semula ditanami pepohonan menjadi lokasi pabrik. Perubahan sistem produksi juga mengubah pola pemukiman yang tadinya menyebar mengikuti persebaran letak tanah menjadi mengumpul atau memusat sesuai dengan lokasi pusat-pusat industri. Peningkatan ilmu pengetahuan tentang pengolahan dan pemanfaatan tanah-tanah pertanian juga mengubah sistem pemukiman Pada waktu masyarakat belum mengenal cara pengolahan tanah pemeliharaan kesuburan tanah, ketika tanah yang mereka olah mulai tidak subur mereka pindah untuk membuka lahan baru yang masih subur. Ketika ilmu pengetahuan tentang pemeliharaan kesuburan tanah telah dimiliki, mereka tidak perlu lagi melakukan perpindahan tempat tinggal.

Terimakasih telah membaca PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA/PRANATA  EKONOMI MATERI SOSIOLOGI
/* kode iklan */

jangan lupa iklannya diklik ya, to "PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA/PRANATA EKONOMI MATERI SOSIOLOGI"

Post a Comment