8/06/2016T8/06/2016

Sejarah Berdirinya Candi Pawon

/* kode iklan */
/* kode iklan */
Sejarah Berdirinya Candi Pawon
Candi Pawon

1. Lokasi

Candi Pawon berlokasi di desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Candi ini terletak di sebelah timur candi Borobudur dan sebelah tenggara candi Mendut Bangunannya masih dalam keadaan baik. terawat serta tampak bersih Dikanan kiri bangunan candi itu ditumbuhi banyak pepohonan yang dapat digunakan sebagai pelindung para wisatawan asing maupun domestik yang sedang berkunjung ke candi tersebut. Candi peninggalan Buddha ini menghadap ke barat laut. Ada ke- mungkinan arah itu disesuaikan dengan lokasi di mana sang Buddha dilahirkan. Arah itu untuk mengenang jasa beliau yang telah berhasil mengembangkan agama Buddha.


2. susunan Candi
Susunan candi Pawonsama seperti bentuk candi lainnya. terdiri dari kaki candi, tubuh candi dan atap atau kepala candi. Kaki candi pada candi Pawon berbentuk bidang persegi empat Pada kaki candi ini banyak dihiasi omamen ornamen yang dipahat indah dan sampai sekarang masih tampak baik, belum banyak yang rusak. Para pemahat pada zaman itu sudah menunjukkan betapa tinggi nilai seni yang dimilikinya yang dipaparkan pada kaki, tubuh atau puncak candi. Masing-masing ornamen atau hiasan hiasan mempunyai makna tersendiri satu sama lain erat kaitannya dan merupakan salukesatuan yang tidak bisa dipisahkan 

Apabila kita mengamati cara menyambun ornamen satu dengan yang lain tampak bahwa seniman zaman memiliki kemampuan yang meskipun mereka belum mengenal teknologi modern. Yang paling mengagumkan bahwa ciri khas omamen maupun arca yang di hatkan kelihatan hidup jikadiamatisecara cermat Demikian pula arca-arca dan ornamen yang lain dapat mengundang Itu para ilmuwan untuk mengadakan penelitian lebih lanju semua berkat keahlian paraseniman pada waktu itu. Apalagi marea-arca Bodhisattva bila dilihat dari kejauhan seolah-olah tnemiliki kesan tersendiri tentang keindahannya. Kalamakara yang ditempatkan pada anak tangga pintu masuk kelihatan masih baik dan terawat, sehingga ada kesan bahwa candi itu selalu dijaga kebersihannya Demikian pulalantadsclasaryang bersih danberliku liku yang bersudut duapuluh. 

Tubuh candi dihiasi dengan arca area Bodhisativa yang juga kelihatan hidup, yang menambah kesan indah pada candi. Apabila kita masuk ke dalam candi tampak didalamnya sebuah ruangan kosong tanpa arca di dalamnya Namun apabila kita amati secara cermat tampak ada bekas bekas bahwa dahulu pernah ditempalkan sebuah arca didalam candi itu. Mungkin area hilang dicun orang untuk keperluan pribadi. Perbuatan seperti ini patut disayangkan karena orang itu tidak mempunyai kesadaran unnik meng hargai peninggalan para leluhur yang mempunyai nilai tinggi. Atap candi dihias dengan dagob, sedang di bawah atap candi dihias dengan hiasan yang sama tetapi lebih kecil dan diletakkan di sisi sebelah selatan barat utara dan timur.
wikipedia.org

Candi Pawon termasuk salah satu candi Buddha yang berbentuk ramping seperti candi Hindu, sedangkan candi Buddha lainnya dibuat agak tambun. Menurut Prof Dr RM Poerbatjaraka, candi Pawon ini adalah Upa Angga, artinya bagian dari Borobudur, seperti pawon bagian dari sebuah rumah. Seorang epigraf terkenal, Casparis, berpendapat bahwa candi Pawon adalah tempat pemakaman raja, yang dimaksud adalah Raja Indra (82-812 M). Menurutnya, candi Pawon dahulu merupakan tempat penyimpanan abu sisa pembakaran jenazah Raja Indra. 

Untuk memperingati Raja Indrayang berkedudukan sederajat dengan Bodhisattva, maka dalam candi ditempatkan arca Bodhisattva. Area itu memakai Wajra. Menurut prasasti Karang Tengah, arca itu dikatakan bersinar. Dengan adanya pernyataan tersebut maka muncul dugaan bahwa arca itu dibuat dari perunggu sehingga bila kena sinar dapat memantulkan sinar. 

Dengan danya sinar yang ditimbulkan oleh kekuatan arca perunggu tadi maka nama desa Brajanalan di mana candi Pawon di dirikan, oleh sebagian orang dikaitkan dengan Wajranala Wajra artinya bersinar, dan merupakan senjata Bodhisattva yang ditempatkan dalam candi Pawon tersebut Letak candi Pawon sangat strategis karena terletak di tengah-tengah persimpangan antara candi Borobudur dan candi Mendut, meskipun tidak berada dipinggir jalan besar Adanya papan penunjuk ke arah candi yang ditempatkan di tepi jalan akan mempermudah orang menuju ke candi Pawon, sehingga wisatawan mancanegara mau pun domestik banyak yang menyempatkan diri singgah ke candi Pawon


pada waktu berkunjung ke candi Borobudur dan Mendut
/* kode iklan */

jangan lupa iklannya diklik ya, to "Sejarah Berdirinya Candi Pawon"

Post a Comment