8/16/2016T8/16/2016

Contoh Kliping Tentang Tari Kecak

/* kode iklan */
/* kode iklan */
Contoh Kliping

KLIPING TARI KECAK










SMA 
201x/201x
DISUSUN OLEH :






KATA PENGANTAR

Saya panjatkan puji syukur, atas berkah rahmat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini.Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yaitu Ibu Lilis sebagai guru tik.


Makalah ini berisi seputar tari Kecak. Saya menyadari dalam menyusun makalah ini masih banyak kesalahan baik dalam penulisan maupun isi. Dengan terseleselaikannya tugas makalah ini, saya berharap semoga isi dari makalah ini nantinya dapat memberikan manfaat kepada orang lain.Maka saya mengharapkan agar pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun dari makalah ini.Saya pun berharap semoga dengan makalah ini, kita sebagai warga negara Indonesia bangga dengan kebudayaan yang kita miliki. 



Penyusun







DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ………………………………………………………… i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah ………………………………………………….....1
1.2 Rumusan Masalah ....………………………………………………………..1
1.3 Tujuan Penulisan …………………………………………………………....1

BAB II PEMBAHASAN
   2.1 Seputar Tari Kecak………………………………………………………....1
2.2 Sejarah Tari Kecak………………………………………….........................2
2.3 Perkembangan Tari Kecak ………………………………………………..4
2.4 Pola Lantai …………………………………………………………….…...4
2.5 Iringan Musik ………………………………………………………….…. 4
2.6 Ciri Khas Tari Kecak ……………………………………………………....5
2.7 Fungsi Tari ……………………………………………………………...….5
2.8 Penutupan Tari Kecak  ………………………………..……………….….5


BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 32 ayat 1 yang berbuyi “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradapan dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.”kita harus melestarikan budaya daerah nusantara

Teteapi,pada saat ini,budaya daerah nusantara sudah sangat jarang dipertontonkan.berbagai media massa,baik media cetak maupun media elektronik,sekarang dipenuhi oleh budaya barat,akibat pengaruh globalisasi.hal ini mengingatkan kita bahwasannya negara kita kaya akan budaya ataukesenian daerah,yaitu sekitar 67 budaya induk yang terbesar dari barat sampai ke timur nusantara.
Namun pada kenyaidak seoptimal yang diharapkan,terutama oleh generasi muda.padahal kitalah yang paling memunyai peran penting dalam menjaga kelestarian budaya nusantara.oleh karena itu kami membahas salah satu bentuk kesenian daerah nusantara yaitu tari kecak dalam makalah ini.
 Diharapkan dengan adanya makalah ini,diharapkan pembaca terutama generasi muda tertarik untuk mempelajari dan melestarikn tari kecak. 
   1.1 Rumusan Masalah  
    1.Bagaimana asal usul tari kecak ?
    2. apa saja unsur pendukung tari kecak ?
    3. bagaimana alur cerita tari kecak 
1.2 Tujuan Penulisan
1.memenuhi tugas kelompok kesenian
2. menjelaskan unsur-unsur penunjang tari kecak kepada pembaca
3. manarik minat generasi muda untuk mempelajari kesenian teri kecak







BAB II PEMBAHASAN

         2 .1 Seputar Tari Kecak



Tari Kecak adalah Tarian Bali yang unik dan populer bagi turis di pulau Dewata Bali .Tari dinyanyikan oleh para penari tari kecak dianggap mirip dengan suara monyet, maka turis mancanegara menyebut tari kecak Bali ini sebagai “Monkey Dance”.
Istilah nama kecak sendiri diduga berasal dari suara tarian ini sendiri, yaitu kecak, kecak, cak, cak, cak,cak uhh. Suara yang terdengar aneh tapi unik ,harmonis irama bunyi ini diucapkan sepanjang pertunjukan tari kecak Bali, dengan diselingi ucapan dengan aksen tertentu dalam tarian kecak ini,dimana ritme irama harmonis bunyi nyanyian para penari tari kecak ini menimbulkan  suasana magis . Pada Tari kecak ,penari kecak tidak menggunakan alat musik lain ,tapi hanya menggunakan kincringan  yang berbunyi pada kaki para penari kecak.
  2.2 Sejarah Tari Kecak
Tari Kecak disebut juga sebagai tari "Cak" atau tari api (Fire Dance) merupakan tari pertunjukan masal atau hiburan dan cendrung sebagai sendratari yaitu seni drama dan tari karena seluruhnya menggambarkan seni peran dari "Lakon Pewayangan" seperti Rama Sinta dan tidak secara khusus digunakan dalam ritual agama hindu seperti pemujaan, odalan dan upacara lainnya.
    2.3Perkembangan Tari Kecak
Tari kecak di Bali mengalami terus mengalami perubahan dan perkembangan sejak tahun 1970-an. Perkembangan yang bisa dilihat adalah dari segi cerita dan pementasan. Dari segi cerita untuk pementasan tidak hanya berpatokan pada satu bagian dari Ramayana tapi juga bagian bagian cerita yang lain dari Ramayana.
Kemudian dari segi pementasan juga mulai mengalami perkembangan tidak hanya ditemui di satu tempat seperti Desa Bona,Gianyar namun juga desa-desa yang lain di Bali mulai mengembangkan tari kecak sehingga di seluruh Bali terdapat puluhan group kecak dimana anggotanya biasanya para anggota banjar. Kegiatan kegiatan seperti festival tari Kecak juga sering dilaksanakan di Bali baik oleh pemerintah atau pun oleh sekolah seni yang ada di Bali. Serta dari jumlah penari terbanyak yang pernah dipentaskan dalam tari kecak tercatat pada tahun 1979 dimana melibatkan 500 orang penari. Pada saat itu dipentaskan kecak dengan mengambil cerita dari Mahabarata. Namun rekor ini dipecahkan oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan yang menyelenggarakan kecak kolosal dengan 5000 penari pada tanggal 29 September 2006, di Tanah. 
         2.4 Pola Tari Kecak
Sebagai suatu pertunjukan tari kecak didukung oleh beberapa factor yang sangat penting, Lebih lebih dalam pertunjukan kecak ini menyajikan tarian sebagai pengantar cerita, tentu musik sangat vital untuk mengiringi lenggak lenggok penari. Namun dalam dalam Tari Kecak musik dihasilkan dari perpaduan suara angota cak yang berjumlah sekitar 50 – 70 orang semuanya akan membuat musik secara akapela, seorang akan bertindak sebagai pemimpin yang memberika nada awal seorang lagi bertindak sebagai penekan yang bertugas memberikan tekanan nada tinggi atau rendah seorang bertindak sebagai penembang solo, dan sorang lagi akan bertindak sebagai ki dalang yang mengantarkan alur cerita. Penari dalam tari kecak dalam gerakannya tidak mestinya mengikuti pakem pakem tari yang diiringi oleh gamelan. Jadi dalam tari kecak ini gerak tubuh penari lebih santai karena yang diutamakan adalah jalan cerita dan perpaduan suara.
      2.5 Iringan Tari Kecak
Iring-iringan lagu atau musik yang mengiringi tari Kecak selama berlangsung diambil dari ritual tarian Sanghyang, yang tidak menggunakan alat musik. Akan tetapi hanya menggunakan kincringan yang dikenakan pada kaki penari yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana. 
     2.6Ciri Khas Tari Kecak
Ciri khas tari kecak adalah harmonisasi suara dan gerak yang ditampilkan puluhan penarinya dan semuanya itu dilakukan bahkan tanpa adanya seseorang yang bertugas sebagai pemberi komando. Tentu tidak mudah mengharmonisasikan suara dan gerak sekian puluh orang untuk menjadi sebuah rangkaian tari bernuansa magis tersebut. Inilah salah satu keunggulan Bali, selain memiliki pesona keindahan alam yang menjadikannya dinobatkan sebagai Pulau Dewata, Bali juga mampu mengolah dan mengemas seni budayanya menjadi sebuah sajian atau atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan.

2.7 Fungsi Tarian Kecak

Tari sebagai upacara
fungsi tari sebagai sarana upacara merupakan bagian dari tradisi yang ada dalam suatu kehidupan masyarakat yang sifatnya turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya sampai masa kini yang berfungsi sebagai ritual.

Tari sebagai sarana hiburan
salah satu bentuk penciptaan tari ditujukan hanya untuk di tonton. Tari ini memiliki tujuan hiburan pribadi lebih mementingkan kenikmatan dalam menarikan

Tari sebagai sarana pertunjukkan
tari pertunjukkan adalah bentuk momunikasi sehingga ada penyampai pesan dan penerima pesan. Tari ini lebih mementingkan bentuk estetika dari pada tujuannya. Tarian ini lebih digarap sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat

Tari sebagai sarana pendidikan
tari yang digunakan untuk sarana pendidikan dengan mengajarkan di sekolah – sekolah formal.

2.8 Penutupan
      Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah tari kecak ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya informasi atau referensi yang ada hubungannya dengan tarian kecak pada makalah ini.

 Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah tarian kecak ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.


Sumber : 
http://dardiryblog.blogspot.com/2011/04/tari-kecak-bali.html
http://kebudayaan1.blogspot.com/2013/07/asal-muasal-munculnya-tari-kecak-bali.html
http://m3d14ku.wordpress.com/2013/03/26/fungsi-tari-kecak/
http://www.indonesia.travel/id/destination/355/pantai-kuta/article/182/nuansa-magis-tari-kecak-di-pura-luhur-uluwatu
 

/* kode iklan */

jangan lupa iklannya diklik ya, to "Contoh Kliping Tentang Tari Kecak"

Post a Comment